19 Juni 2013

The Application of Death Penalty for Corruptors in Indonesia

Nowadays, the corruption in Indonesia is rapidly increased. Most of the corruptors are state officers who work in government and members of house who have duties to serve people and make them become prosperous. This becomes a complex problem in Indonesia because it does affect condition in some aspects which are being worse and worse. Corruption destroys lives and communities, and undermines countries and institutions. Knowing this, there should be a step made to solve this problem. One of some solutions offered by Indonesian is the death penalty, but unfortunately it couldn't be applied until now with unacceptable reasons delivered by government which are actually used to save them. Whereas, by applying the death penalty for corruptors, the amount of corruptor in Indonesia will be decreased and the credibility of government becomes better.

The growth of corruptors in Indonesia is because of some reasons, one of them is the low punishment. We need the high one, the punishment that will make people afraid and corruptors grudge to corrupt. Here, death penalty comes as a deterrent effect for corruptors. This will make people stay away and protect the state officer and members of house from corruption because they will think twice or even more when they want to corrupt in as much as of the penalty. Besides, death penalty is a good step to prevent the appearance of the next corruptor. They will become chary to do this haram activity. “If Indonesian, which is one of some corrupt nations, doesn’t apply death penalty for corruptors, the corruption number must be increased day by day.” Said post-graduate program lecturer of UMS, Tcipto Subadi. So it clearly can decrease the amount of corruptor and make the society will be proud to know their country is clean and there is no corruption again from the grass root until the chief of the country.

A survey done by transparancy.org, an independent organization which consists of 146 countries, shows the result of Corruption Perception Index or known as CPI with Indonesia sits in the 5th rank in the world and the 1st rank in Asia Pacific as the most corrupt nation.This condition shows the bad work of government and makes people loose their belief or in other words we may say that the grade of believable toward government is extremely low nowadays. Government has responsibility toward the worst condition where corruption is like culture in Indonesia so they must decide one serious decision to stop corruption to grow larger. Therefore, by giving the death penalty for corruptors in Indonesia, people will realize that government really concern and serious with this problem. There will be no question again for the existence of government who truly fight against corruption. The policy will make their credibility become better because society admit the commitment of government.

Corruption has already occurred for years and the amount of corruption cases in Indonesia has been increasing day by day. This condition happens because there is no an audacious step to fight against it. Without any serious attempt, corruption in Indonesia will definitely be rampant. Therefore, the death penalty for corruptors should be applied in order to stop the growth of corruptors in Indonesia and make people believe in the government.

Esa Nur Intan
June, 1 2013



Guslim.(2012) 10 Negara Terkorup di Dunia, www.serbafakta.blogspot.com [Internet] 2012. Available at serbafakta.blogspot.com/2013/01/10-negara-terkorup-di-dunia-2012.html?m=1 [Accessed May 19 2013]
Nurmala.(2013) KorupsiMerajalela, www.detik.com [Internet] 2013. Available at http://forum.detik.com [Accessed May 19 2013]
Subadi, Tcipto. (2013) HukumanMatiBagiKoruptor, www.tjiptosubadi.blogspot.com [Internet] 2013. Available at tjiptosubadi.blogspot.com/2013/02/hukuman-mati-bagi-koruptor-oleh-tjipto.html?m=1 [Accessed May 19 2013]
Koswara, Doni. (2003) PerlukahHukumanMatiBagi Para Koruptor?,www.hukumonline.com [Internet] 2003. Available at www.hukumonline.com/berita/baca/hol7486/hukuman-mati-bagi-koruptor-perlukah [Accessed May 19 2013]

Education as a Route Out of Poverty

According to dictionary.com, education has two meanings: 1. act or process of imparting or gaining knowledge, judgment, and a level of intellectual maturity, and 2. act or process of imparting or acquiring particular knowledge or skills, as for a profession. Based on these two meanings, it is clear that education is a rope which can carry us to greatness. It is one of the most important things in life, because without it, you can’t contribute to the world or earn money. Education helps us to solve problems, poverty for example, because well-educated people can easily get a job or even invent it, more likely to enjoy high earning and have health and retirement benefits with their job, also they are far less likely to be unemployed.

People can invent a job with knowledge and skills they get from education. They, who are really motivated -curious, persistent, and willing to take risks-, will learn new knowledge and skills continuously and be able to find new opportunities or create their own so that they do not depend on others and can earn money by themselves.

Education makes people easy to get a job. We all know that education is the most important thing and the main requirement in many jobs. That is why people with degree are easier to get job because they have a key, education, which is required by most jobs.

Nobody doubts that a well-educated person is more likely to enjoy higher earnings as a worker than those who do not have access to education. Well-educated people have better skills and knowledge than people who do not have access to education so they easily get better position with better salary in their job. Therefore, this kind of people live with better condition. While in Indonesia, all citizens only have to undertake nine years of compulsory education which consists of six years in elementary school and three years in junior high school. Due to this, they can’t compete with others because the government only frees the education itself until junior high school whereas to get a job they should have been through higher level. This is one of some causes that makes them live in poverty.

People with degrees not only tend to have higher earnings than people without degrees, they are also more likely to have health and retirement benefits with their jobs, and they are far less likely to be unemployed. Having a degree is not just about economic advantages, people with college degrees are more likely to be satisfied with their jobs. Since we spend most of our lives working, it makes sense that how we feel about our work can greatly affect us.

Thing that we can conclude is that the education is the cure for poverty. Knowing this, we should help each individual to progress toward the attainment of their full potential, both as a person and member of society. Spreading the benefits of education as widely as possible is also a way to reduce poverty because this will make them realize that education is a way to escape from poverty. The government also should focus on this thing by maximizing from the education aspect first because no human beings survive properly without education. So how to reduce poverty? Helping the poor receive better education is part of the answer.

Esa Nur Intan
May, 14 2013



Adisaputra, Koswara. (2009) Anggaran Pendidikan dalam APBN 2009, www.anggaran.depkeu.go.id [Internet] 2009. Available at http://www.anggaran.depkeu.go.id/web-content-list.asp?ContentId=565 [Accesssed 8th April 2013]
Education Facts, www.compassion.com [Internet] Available at http://www.compassion.com/poverty/education.htm [Accesssed 8th April 2013]
Ahira, Anne. Kemiskinan sebagai Masalah Pendidikan di Indonesia, www.anneahira.com [Internet] Available at http://www.anneahira.com/masalah-pendidikan.htm [Accesssed 8th April 2013]
Muhammad, Djibril. (2013) Penurunan Angka Kemiskinan di Indonesia Berjalan Lambat, www.republika.co.id [Internet] 4th March 2013. Available at http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/03/04/mj3ze1-penurunan-angka-kemiskinan-di-indonesia-berjalan-lambat [Accesssed 8th April 2013]
SH. 2010. “Anggaran Diknas naik 20%”. Dalam Indonesia. Edisi V. Oktober 2010. Jakarta.


Oleh Esa Nur Intan





Djakarta, 28 Oktober 1928

Asing? Tidak. Tidak bagi mereka yang tahu rekam jejak lalu. Tidak bagi mereka yang menghargai para pendahulu. Tidak bagi mereka yang hidup saat ini belajar dari kemarin.

Teks diatas merupakan teks Soempah Pemoeda yang dibacakan pada saat Kongres Pemoeda yang bertempat di Waltervreden, atau saat ini lebih dikenal nama Jakarta, pada tanggal 27-28 Oktober 1928 dengan sebelumnya diputar lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan iringan biola karya W. R. Soepratman.

SEJARAH. Tentu perlu orang tau. Untuk apa? Untuk sadar bahwa kita hidup di tiga dimensi waktu: lalu, saat ini, dan yang akan datang. Tentu ketiganya saling terkait membentuk hubungan untuk kemudian menjadi jembatan yang akan mengantarkan kita kemasadepan. Untuk melangkah ke masa depan, perlu belajar dari masa lalu, bukan? Sejarah lantas tak hanya menjadi rangkaian peristiwa yang telah atau pernah terjadi, melainkan juga sebagai bahan cerminan dan pelajaran untuk bagaimana kemudian manusia di masa kini menciptakan jutaan langkahnya menuju masa depan.

Banyak hal yang bisa kita pelajari dari dimensi waktu pertama, dari sumber daya manusia atau pemuda lebih spesifiknya. Tak perlulah ragu akan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme para pemuda jaman dulu. Para pemuda yang bersatu, yang sadar bahwa kemerdekaan tak akan mereka raih jika mereka maju hanya sebagai individu. Mereka yang memiliki semangat juang yang tinggi untuk berjuang. Memperjuangkan apa? Memperjuangkan kebebasan yang saat itu Indonesia inginkan. Merdeka, ya mereka ingin menjadi bangsa yang merdeka. Tak lagi menjadi budak bangsa lain yang laparakan kekayaan yang kita punya. Para pemudalah yang menjadi salah satu bagian penting dari kemerdekaan yang hari ini kita rasakan.Kembali ke sejarah, tentu masih lekat diingatan mengenai peristiwa Rengasdengklok yang mungkin diceritakan para guru atau yang tertulis di buku. Betapa para pemuda sungguh-sungguh berupaya memperjuangkan kemerdekaannya hingga melawan kaum tua dan mendesak mereka untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan semangatnya mereka bersatu dan melakukan itu semua yang kontras berbeda dengan para pemuda hari ini. Semangat yang akan sulit ditemukan di tiap-tiap pemuda di jaman sekarang. Pemuda yang tak bisa mengelola kecerdasaannya sendiri untuk memajukan bangsa. Pemuda yang tak bersatu guna membangkitkan semangat nasionalisme. Pemuda yang individualis dan cenderung pasif.

Lantas, menjadi seperti apa seharusnya pemuda saat ini? Mudah saja, berkacalah pada pemuda jaman dulu. Tiru semangat juang, nasionalisme, serta kebersatuan yang mereka miliki. Ketahuilah mereka tak seberuntung pemuda saat ini. Dimana banyak sekali kemudahan yang sudah kita miliki yang tak mereka dapatkan di masa lalu namun tak lantas melunturkan semangat mereka sebagai layaknya pemuda. Saat ini tugas kita hanya meneruskan,  mengisi kemerdekaan dengan makna-makna yang dapat kitatuangkan melalui karya dan tindakan.

Lawan ketidakadilan yang masih terjadi di negara yang sudah merdeka ini!
Lawan pemimpin yang dzalim terhadap rakyatnya!
Lawan kebijakan yang memberatkan kaum lemah!

Pemuda, ketahuilah, bukan pada mereka yang menduduki kursi empuk itu, bukan pada mereka yang kerja di gedung mewa ber-AC itu, bukan pada mereka dengan berbagai tunjangan mewah yang pada dasarnya dari rakyat itu rakyat bergantung, tetapi padamu, pada pemuda. Pada pemuda rakyat bergantung atas tiap kebijakan yang dibuat wakil mereka yang sesungguhnya namun tak sungguh-sungguh mewakili. Mengapa padamu, Pemuda? Karena kau memiliki beberapa hal yang mereka tak punya. Kau cerdas, pemuda. Kau kuat, kau muda, kau pun pasti bisa. Bantulah rakyatmu. Bantu mereka dari kejahatan yang tercipta dari ketidakadilan yang pemimpinmu buat. Bantu mereka dengan caramu. Gunakan otakmu, otak cerdas yang tanpa kau sadari juga rakyat yang ciptakan, dari subsidi mereka juga kau seperti ini, maka dari itu selain belajar, bantu mereka pemuda, bantulah.

Kau tahu? Segala kekacauan yang terjadi bias kau mulai lihat dari dua sisi: pemimpin atau yang dipimpin. Jadilah rakyat yang baik, pemuda yang baik, jika masih kacau, lihat pemimpinmu, barangkali segala kekacauan berasal darinya. Jika kau sudah menjadi orang yang baik sebagai yang dipimpin, kaupun harus mempunyai pemimpin yang baik. Pemimpin yang dapat menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi orang-orang yang dipimpinnya. Sehubungan dengan pemuda, mulailah dengan lakukan peranmu secara sederhana, gunakan hak suaramu! Jangan lagi kau menganggap tak akan ada artinya satu suaramu, karna jika semua pemuda berpikir sama sepertimu, maka kekacauanlah yang akan terus terjadi dan pemimpin yang dzalimlah yang akan terus muncul. Maka mudah saja, hak suaramu gunakanlah. Sayang jika ia terbuang sia-sia. Satu suara menentukan nasib bangsa ke depan. Jika kau enggan berpikir rumit mengenai pemilu dan para calon pemimpinmu, tak perlu, sekali lagi sederhana saja, gunakan hak suaramu. Maka jadilah engkau pemuda yang berpengaruh atas rakyat yang secara tidak langsung sudah menggantungkan nasibnya padamu. Jadikan  sejarah pemuda jaman dulu untuk menjadikanmu kelak pemuda yang bersejarah menciptakan perubahan untuk rakyat yang terus menerus dizalimi pemimpin yang terpilih namun tak dipilih.

04 Januari 2013

Menjelang Pendemisioneran

“Penyesalan memang selalu datang terakhir.”

Iya, itu kalimat yang saya ucapkan kepada ketua BEM sepulang dari acara konsolidasi pengurus BEM ED yang akan segera lepas jabatan. Sepanjang perjalanan kami bercerita, bertukar pikiran. Nampaknya ia merasa setahun ini tidak maksimal, sehingga ia butuh setahun lainnya yang ternyata tak mungkin ia dapat. Tersisalah penyesalan. Begitupun saya.

Sedih. Rasanya masih banyak hutang, akan tetapi sisa waktu yang saya punya sekarang nyatanya tak akan cukup untuk membayar itu semua.

“Seharusnya dulu begini…”
“Seharusnya dulu begitu…”


Sejak masuk dan menjadi mahasiswa baru di jurusan ini, saya sudah ‘dicekoki’ oleh pengkotak-kotakan mahasiswa. Mereka yang kuliah, lalu pulang. Mereka yang kuliah, lalu rapat. Mereka yang kuliah, lalu nongkrong. Atau mereka yang kuliah, lalu pulang, rapat, dan nongkrong.

Lalu apa yang saya pilih? Saya pilih untuk bisa bermanfaat, baik bagi diri saya pribadi maupun orang lain. Caranya? Salah satunya bergabung di organisasi.

Singkat cerita, saya diterima di salah satu department yang saya inginkan sejak awal; ADKESMA. Kenapa saya pilih department ini? Karena nilai kebermanfaatannya yang saya rasa lebih.

Kepala Department yang merangkap sebagai Ayah tiri saya, Ardy Irawan, merupakan pembelajar yang baik. Ia selalu bisa mengambil hal baik dari apapun yang buruk. Mengajarkan anak-ananknya untuk terus selalu tebar kebermanfaatan dimanapun berada. Pecinta anak-anak yang selalu tau bagaimana bersikap. Benar jika mereka bilang saya dan juga 3 anak lainnya beruntung memiliki Ayah tiri seperti dia.

3 saudara tiri saya: Bimo, Mega, Wita. Mereka merupakan partner kerja dan teman yang baik. Sungguh, saya tidak akan lupa setahun ini. Bohong jika saya bilang saya tidak bangga memiliki partner kerja seperti kalian.


Saya sangat sadar, banyak hal yang harus saya lakukan atas apa yang belum, dan banyak hal yang harus saya perbaiki atas apa yang sudah. Tapi waktu berkata lain, waktu saya sudah habis, kesempatan itu hanya satu kali.

Terimakasih saya ucapkan kepada kalian yang sudah memberi saya kesempatan ini.
Terimakasih sudah memberikan saya waktu untuk mencoba belajar dan bermanfaat.
Terimakasih untuk pengertian atas kekurangan saya, serta usaha kalian menghilangkannya.
Terimakasih untuk banyak hal penuh makna yang sudah kita jalani satu tahun ini.

Ingat sebuah kutipan, “Jika kalian berada diantara orang-orang hebat, maka kalian akan hebat pula.” Kutipan yang sering kita temui. Sederhana tapi bermakna. Saya setuju atas artinya, bahwa kebaikan itu menular.

Saya bangga bisa berada ditengah-tengah kalian, orang-orang hebat, orang-orang yang saya yakin merupakan pilihan-Nya. semoga kehebatan kalian bisa menular pada saya, dan lainnya.

Maka pelajarannya ialah manfaatkan kesempatan yang kita dapat. Jalani dengan ikhlas dan lakukan yang terbaik. Jadikan selalu ridho Allah sebagai tujuan. Dan yang terakhir, istiqomah.

Semoga saya bisa memaknai apa yang saya tulis, dan menerapkannya di hidup saya. Baik, bukan semoga, tetapi memang sudah seharusnya.

Another Rainy Night

Walking after a bad day
I follow the sun, and go home
The clouds turn to ugly gray
Discolor the blossom

A lovely cool breeze, it makes the tree dance Try to divert me

The thunder speaks, “Will come, will come soon what you want.”
How powerful, pushing away the maddening crowd
I stop, but the lightning reminds me to go on


My temporary heaven now I’m in
Waiting for what will happen
And it comes! The rain is falling down

Cold, damp, quiet
Silent but not empty

I love the sound it makes, put me in a trance
Lost words…
I can’t even describe

Don’t stop falling!
‘Cause every raindrop’s washing away the pain today

How relaxing
I forget what happened to me
For a while

Rain is here, goes right
Once again
It’s just another rainy night

November, 11 2012 
Esa Nur Intan

27 Desember 2011

PKMJ, lanjutan GESTURE.

Sebenernya males, tapi gue lanjutin deh.

Ini postingan selanjutnya dari postingan sebelumnya (halah!) sekarang giliran PKMJ yang bakal gue bahas secara tajam, setajam silet.

11 Desember 2011

semacam salah acara

Gue sangat suka jalan-jalan, mau kemana juga asal judulnya jalan-jalan gue hayo aja, apalagi kalo sama temen-temen, ngga ada kata engga deh, selagi ngga ‘jalan-jalan’ dalam arti kata sebenarnya.

kuliah.. ternyata..

Janji adalah hutang, dan hutang harus dibayar. Ngga punya uang? Gampang, kabur aja.

27 November 2011

sekedar basa-basi

hallo, biasanya kalo lagi bikin entri gini kebanyakan di apus dan ujung-ujungnya gagal di publish. bukan, bukan karna gue ngga mau orang lain tau apa yang gue tulis, melainkan gue lagi krisis ide serta krisis kepercayaan diri.

20 September 2011

yang terjadi hari itu

19 September 2011

pulang kuliah.. baru beberapa meter keluar dari kampus udah ada pasukan pengibar bendera polisi lagi razia, oke, rasanya gue mau nyetop bis trus naik beserta motor gue untuk menghindari polisi-polisi itu, tapi jangan, ntar gue dibugilin keneknya!

Polisi : ayo, minggir.
Gue : *deg-degan tingkat ABG mau nembak*
Polisi : tolong tunjukin surat-suratnya (shit men, assalamu’alaikum dulu kek!)
Gue : ini, pak. *ngasih STNK*
Polisi : SIM ?
Gue : blum buat
Polisi : aduh kamu ini, liat nih kalo ngga punya SIM denda 1 juta karna itu fatal sekali. udah, motor kamu saya tahan.
Gue : tahan ? biasanya STNKnya aja pak yang ditahan
Polisi : yang polisi kamu atau saya ? *mulai nyolot*
Gue : *bengong*
Polisi : *mulai ngedeket* *bisik-bisik* udah sini 400
Gue : 400rb ?
Polisi : udah cepet
Gue : astaga pak, saya ngga megang uang segitu. ya udah kalo mau ditahan ya tahan aja (sok cool, padahal panik)
Polisi : bener-bener kamu ini, kalo motor kamu ditahan diambilnya tanggal 30
Gue : aduh pak, saya ngga punya uang segitu mau gimana lagi ?
Polisi : itu terserah kamu
Gue : ya udah tahan aja
(polisi pergi ke temennya, trus balik lagi)
Polisi : kamu punya berapa ?
Gue : 50rb
Polisi : kamu ini gimana sih (nada makin tinggi, jerapah lewat)
Gue : cepe pak, kalo ngga ya udah tahan aja gpp (yak, gue udah pasrah banget pemirsah)
Polisi : udah 300 sini, kamu mau kemana ?
Gue : ngga ada pak astaghfirullah (sok nyebut gitu kan gue), saya mau ke depok.
Polisi : jauh sekali itu, ngga punya SIM ko nekat. udah sini yang ada!
Gue : *buka dompet* (antara ikhlas dan tidak ==’)
Polisi : udah sini cepet, kamu tuh blablabla *ngoceh kaya beo keselek jagung*
Gue : ini, pak.
Polisi : *ngelirik dompet* itu uang kamu banyak, bohong aja kamu ini, main-main kamu sama saya ?
Gue : ya ampun pak ini bukan uang saya, sumpah demi Allah.
Polisi : oh, yaudah sana.

umm.. gue pun pulang dengan bahagia, mengendarai motor sambil nyanyi-nyayi, diiringi daun berguguran, lalu ada kupu-kupu lucu hinggap dimotor gue.. TAPI BOONG! ngga lah, kesel abis, kampret sekampret-kampretnya! pak, selamat menikmati uang-uang itu ya, SEMOGA BERKAH!